Kamis, 21 Juni 2012

Resensi Buku "100 Hadis Populer Untuk Hafalan"


Bismillah, ketika saya berada di sekolah (klik: http://www.pp-ibnu-abbas.blogspot.com//) pada jam istirahat, beberapa waktu yang lalu, saya melihat sebuah buku berjudul "100 Hadis Populer Untuk Hafalan" milik seorang murid. Masya Alloh, ternyata isi buku tersebut sangat bagus. Maka saya pun mengetahui kemudian bahwa buku tersebut berasal dari Ustadz Abu Dzar (salah seorang pengajar di sekolah tersebut).

Buku ini berjudul "100 Hadis Populer Untuk Hafalan", merupakan buku terjemahan dari penulis Tim Dai Zulfah Saudi Arabia. Diterbitkan oleh Pustaka eLBA, cetakan ke-6, April 2010, terdiri dari 88 halaman. Seratus Hadis yang mulia ini, telah dipilih dari Shahih Bukhari dan Muslim, untuk menjadi langkah pertama -dengan pertolongan Allah- didalam menghafal Sunnah Nabawiyah. Terhimpun didalamnya hadis-hadis shahih yang mencakup berbagai permasalahan hukum, adab dan muamalah sehingga kaum muslimin dapat mengambil manfaat darinya.

Kelebihan buku ini adalah terdiri dari hadis-hadis yang shahih dan matan yang pendek, sehingga memudahkan untuk menghafalnya, sebagai contoh hadis yang pertama tentang "Kalimat yang Ringan Diucapkan, Tapi berat di Timbangan" : Hadis* dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda : "Dua kalimat yang ringan diucapkan, berat ditimbangan, dicintai oleh Ar Rahman (Allah) : Subhanallahi wabihamdihi Subhanallahilladzim" (Mutafaqun Alaih)

Buku Ini sangat cocok dijadikan rujukan dan pegangan untuk hafalan Hadis di TPA, madrasah, kajian di masjid, kampus, sekolah bahkan untuk kelompok pengajian ibu-ibu atau bapak-bapak.

Semoga bermanfaat

*bagi Anda yang tinggal di Pekalongan, dapat mendapatkan buku ini di TB Abu Ula, Perum Gama Permai, Jl. Panjalu Pekalongan (belakang Kampus UNIKAL)

*
كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan saran dan kritiknya