Selasa, 03 April 2012

Apa yang terlintas di benak anda jika...

Bismillah, 
Apakah yang (pertama) terlintas di fikiran (baca_hati) anda ketika anda:
1.  Sakit,
2. Sedang mengendarai kendaraan, dan tiba-tiba bocor pada ban kendaraan tersebut,
3. Dirampok atau dicopet?
4. Atau hal-hal lain dimana anda membutuhkan bantuan?

Apakah jawabannya berkisar seperti di bawah ini?
1. Sakit, bila anda sakit maka yang terlintas (biasanya) di fikiran anda adalah bagaimana segera mencari dokter atau obat?
2. Ban tiba-tiba bocor, maka yang terlintas (biasanya) di fikiran anda adalah bagaimana segera mencari tempat atau tukang tambal ban?
3. Dirampok atau dicopet, maka anda akan segera melawan? atau bisa jadi menyerah? berteriak minta tolong? atau segera ke kantor polisi / satpam terdekat?

Apakah jawaban anda berkisar seperti tebakan saya di atas?
Wajar dan manusiawi, saya pun demikian...

      Maka mari sejenak kita telaah kembali jawaban (reaksi) kita terhadap kejadian-kejadian (hal-hal) di atas. Kita, biasanya, secara umum segera mencari bantuan makhluk (manusia) ketika mengalami kesusahan? Tidakkah terlintas di benak kita, ketika pertama kali mengalami kesusahan, untuk segera mencari pertolongan kepada yang menciptakan obat dan dokter? yang menciptakan tukang tambal ban? yang menciptakan polisi?
    Ahsan, barokallohu fiikum (semoga Alloh memberkahi kalian), itulah ketawakalan yang sejati kepada Alloh, yakni bergantung kepada Alloh. bukan kepada makhluk, dalam segala keadaan! Maksudnya, bergantunglah kepada Alloh, baru kemudian mencari wasilah dengan berobat pada dokter atau mencari bantuan tukang tambal ban atau kepada polisi.
     Alloh berfirman "Barangsiapa yang bertakwa kepada Alloh niscaya dia akan memberikan jalan keluar, dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Alloh, niscaya Alloh akan mencukupkan (keperluan) nya" (Ath Tholaq: 2-3). 

Semoga bermanfaat

03042012
Abu Abdillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan saran dan kritiknya