Kamis, 05 April 2012

Apakah Yang Anda (Orang Tua) Harapkan Dari Pendidikan (sekolah) Anak Anda

Bismillah, 
Ketika pertama kali mendengar tangisan anak kita yang baru lahir, sudah pasti sejuta asa dan harapan membumbung tinggi. Harapan yang sudah sering kita saksikan, "semoga menjadi anak yang berbakti bagi nusa, bangsa dan agama", demikian tertulis pada secarik kertas di dalam kotak makanan aqiqah-an. Na'am, lantas apa yang kita lakukan guna memujudkan harapan di atas? Salah satu langkah nyata untuk mewujudkan harapan tersebut adalah memasukkan anak-anak tersebut ke sekolah-sekolah yang "bermutu".

Kemudian, para bapak dan ibu yang semoga di rahmati Alloh, bagaimana kriteria sekolah yang anda idamkan untuk mengantarkan anak anda menuju gerbang kesuksesan layaknya harapan anda? Sekolah berstandar internasional dengan berbagai trofi kejuaraan yang mentereng? Sekolah bonafit yang menjanjikan pekerjaan yang menggiurkan? Atau berjuta janji keduniaan lainnya? Atau....

Tidakkah anda melirik sekolah islam? ya, sekolah islam. Tidakkah kita berpandangan jauh ke depan? apakah orientasi kita hanya dunia? Tidakkah kita berorientasi pada akhirat? 

Banggakah kita ketika anak kita menjadi dokter, atau pejabat, atau pengusaha? Banggakah kita ketika anak kita menjadi orang kaya yang makmur(?) hidupnya? 

Manakah yang lebih membanggakan anda? Anak anda hafal 30 juz Al Quran? Buah hati anda hafal Shahih Bukhori? Masya Alloh....

Tidakkah anda ingin untuk dipakaikan mahkota di kepala anda di akhirat kelak, dikarenakan anak anda hafal Al Quran?

Lalu kemana akan kita titipkan buah hati kita? Di Sekolah Umum? atau Sekolah Islam (baca_pesantren)? Semua tergantung pada pandangan (orientasi) anda, dunia? atau akhirat?

Barokallohu fiikum,

Semoga bermanfaat

Abu Abdillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan saran dan kritiknya