Rabu, 17 April 2013

TIPS UNTUK PELAJAR [Agar Semangat Belajar Di Kelas]


Bismillah, 
Masalah utama yang saya hadapi ketika mengajar di kelas adalah ketidak-semangat-an siswa dalam belajar. Mereka tampak lesu dan tidak memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Dengan rendahnya motivasi dan semangat mengakibatkan proses transfer ilmu pun terhambat. Sekian lama saya berusaha mencari penyebab rendahnya semangat siswa di dalam kelas. Dan saya pun menemukan sekian penyebab, diantaranya adalah adanya problem dari rumah yang dibawa oleh siswa ke sekolah, cek cok antara orang tua, keluarga yang broken home, orang tua yang acuh terhadap anak dan sebagainya dan sebagainya. Ini semua dan faktor-faktor yang lain menyebabkan anak lesu di dalam kelas.

Alhamdulillah, pada waktu kultum sebelum solat dhuhur berjamaah beberapa yang lalu, teman saya Bapak Ali Shobar, BA membawakan sebuah hadits yang menjawab masalah saya tentang penyebab utama kelesuan siswa dalam kegiatan belajar di kelas. Sebuah hadist yang sanadnya sampai kepada sahabat mulia Abu Hurairah radhiyallahu anhu dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim rahimahumullah, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda : 

"Setan mengikat buhul tali pada tengkuk kepala diantara kalian pada waktu tidur dengan tiga ikatan. Setan akan memukul ikatan tersebut sambil mengatakan 'Malam masih panjang, maka tidurlah'. Jika ia bangun dan menyebut nama Allah (doa bangun tidur) maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia lalu berwudhu, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia sholat, maka terlepaslah lagi satu ikatan. Sehingga ia akan bersemangat dan baik jiwanya. Jika tidak demikian (melakukan ketiga hal di atas) maka ia akan menjadi pemalas dan jelek jiwanya."

Berdasarkan hadits diatas, maka tips agar semangat belajar di kelas diawali sejak bangun tidur di pagi hari, yaitu :

1. Bangun tidur kemudian berdoa (doa bangun tidur),
2. Kemudian berwudhu,
3. Kemudian pergi ke masjid dan solat subuh berjamaah.

Insya Allah setelah menjalankan tips dia atas kita akan bersemangat menyongsong hari dan berjiwa baik. Allahu a'lam bisshowab.

Semoga bermanfaat

Pekalongan, 6 Jum Akhir 1434
Jelang Dhuhur



Abu Abdullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan saran dan kritiknya