Senin, 24 Maret 2014

Cara Mengembangbiakkan Pohon Bidara (Cara Menanam Biji Bidara)

SUKOHARJO (ahlussunnah-batang.blogspot.com) - Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mengembangbiakkan pohon bidara. Sebelum saya memberikan tips cara pengembangbiakan pohon bidara, ada baiknya saya bercerita terlebih dahulu tentang pengalaman saya mengenai pohon bidara ini. 

Awal Kenal Bidara
Saya mengenal pohon bidara semenjak saya mengajar di Ponpes Ibnu Abbas Wiradesa Pekalongan sekitar tahun 2010. Di halaman ponpes tersebut terdapat sebuah tanaman yang pada mulanya saya tidak terlalu memperhatikannya. Setelah berselang waktu, saya baru mengetahui bahwa pohon tersebut adalah pohon bidara. Pun kemudian saya mengetahui manfaat dari pohon ini, yakni sebagai media untuk merukyah (mengobati penyakit dengan bacaan doa). Maka saya pun sering menggunakan daun bidara tersebut, untuk merukyah putra saya. Sekian lama meminta daun bidara dari Ponpes, maka saya pun berkeinginan untuk menanam pohon bidara tersebut di pekarangan rumah, sehingga bila sewaktu-waktu membutuhkan daun bidara, saya tidak perlu jauh-jauh meminta ke Ponpes. 

Mencoba Menanam
Maka saya pun mulai mencari informasi bagaimana cara mengembangbiakkan pohon bidara. Saya bertanya kepada pengurus ponpes, Ustadz Abu Salsa, ternyata beliau pernah berusaha mencangkok batang pohon bidara, dan ternyata tidak berhasil. Maka beliau menyarankan untuk menanam biji bidara. Berhubung pohon bidara di Ponpes masih relatif muda dan belum banyak berbuah, maka saya disarankan meminta biji bidara kepada Ustadz Abu Huwaina, S.PdI, beliau adalah salah seorang pengajar di Ponpes tersebut. Beberapa kali saya meminta buah bidara dari beliau, bahkan saya pun pernah datang langsung ke rumah beliau untuk mengambil sendiri buah tersebut untuk kemudian saya tanam bijinya, namun belum berhasil juga. Beliau pun memberikan saran agar mencoba bervariasi dalam menanam. Maka saya pun mengikuti saran beliau, mulai dari menanam langsung bersama buahnya, menanam buah yang muda sampai yang tua, menanam bijinya saja, menanam buah yang sudah busuk, namun qadarullah semua belum berhasil, hingga Ustadz Abu Huwaina, S.PdI pun pernah memberikan nasehat kepada saya "Sabar Ustadz, itulah bukti bahwa yang menumbuhkan hanyalah Allah".  


Mencoba Menanam (Lagi)
Saya pun patah semangat dan melupakan hal tersebut. Sampai pada awal Desember 2013 ketika saya pindah mengajar ke Ponpes Al Ukhuwah Sukoharjo, sebuah Ponpes yang diasuh oleh Ustadz Aris Sugiyantoro -murid Syaikh Al Utsaimin-. Di Ponpes yang baru, kembali saya bertemu dengan pohon bidara. Setidaknya ada tiga pohon bidara di Ponpes ini, di dekat asrama putra, di dekat asrama putri dan di dekat Masjid Jami Al Utsaimin. Sehingga keinginan untuk mencoba mengembangbiakkan pun muncul kembali. Maka saya pun mengamati keadaan di bawah pohon bidara yang banyak berserakan buah-buah bidara yang sudah tua. Saya sempat mencari-cari barangkali ada diantara buah yang jatuh itu tumbuh menajadi pohon baru, dan ternyata tidak. Maka saya pun mengambil beberapa butir buah bidara yang berserakan di bawah pohon. Kemudian saya bersihkan daging buahnya dan saya tanam bijinya. Beberapa waktu saya menunggu, pohon bidara tak jua tumbuh. 

Awal Keberhasilan
Hingga permasalahan tidak jua tumbuhnya pohon bidara ini saya posting di status facebook. Alhamdulillah dari sinilah keberhasilan itu bermula. Adalah saran dari Ustadz Abu Laila, beliau adalah salah seorang kru Buletin Al Minhaj, sebuah buletin jumat dibawah naungan Ponpes Al Ukhuwah. Beliau memberikan penjelasan cara penanaman biji bidara yang tidak saya sangka sebelumnya. 

Ternyata...
Ternyata, setelah buah bidara dibersihkan hingga tinggal sebentuk bulatan kecil yang dahulu saya kira itulah bijinya, ternyata bukan. Ternyata bulatan keras di dalam buah bidara bukanlah biji, melainkan hanya cangkang/batok pelindung biji. Biji bidara ada didalam cangkang keras tersebut! Dan betul, setelah saya pecah (keprek) cangkang keras tersebut, ternyata di dalamnya terdapat biji bidara yang mirip dengan biji semangka! Biji yang mirip biji semangka itulah yang di tanam. Ustadz Abu Laila menuturkan, ternyata yang pertama kali berhasil menemukan, bahwa biji bidara ada di dalam cangkang yang keras adalah para santri, masyaAllah, barakallahu fihum......

Cara Menanam
1. Siapakan buah bidara yang sudah tua / masak, biasanya berwarna kuning kecoklatan.
2. Buang daging buahnya hingga terlihat batok / cangkang keras berbentuk bulat.
3. Pecahkan batok tersebut dengan hati-hati, agar biji di dalamnya tidak rusak.
4. Maka akan anda temui di dalam batok tersebut, biasanya, dua biji bidara yang berbentuk seperti biji semangka tapi agak berisi (padat). Biji inilah yang ditanam.

5. Tanam biji tersebut pada media tanah yang basah, sehingga tumbuh tunas baru.
Selamat bercocok tanam, semoga berhasil. (aaga)

77 komentar:

  1. Jazakumullah khair atas ilmunya. Insya Allah dicoba.

    BalasHapus
  2. Izin copy untuk artikel majalah, Jazakumullah khair

    BalasHapus
  3. ust. saya punya bibit bidara kering apakah bisa menanamnya dengan cara ust menanam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba saja semoga berhasil, barakallahu fik...

      Hapus
  4. Terima ksih.
    Mohon ijin memetik ilmunya

    BalasHapus
  5. Terima ksih.
    Mohon ijin memetik ilmunya

    BalasHapus
  6. minta bibit/beli bibitnya ada mas>? ada kontak/no hp/w.a/bbm nya?
    saudara saya terkena gangguan jin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aja beli serbuk nya akh, klo sodaranya sedang terkena gangguan, atau di ruqyah saja tanpa bidara pun biiznillah bisa.

      Hapus
    2. Anda di pekalongan? biji dan daun bidara bisa di dapat di ponpes ibnu abbas wiradesa 085866699401

      Hapus
    3. Berapa harga biji bidaranya ? Bls wa 087719735524

      Hapus
  7. Masukkan komentar Anda.assalamu alaikum p.ustad...pohon bidara d daerah saya pasuruan jawa timur sdh mulai punah,..sya berniat membudi dayakan pohon bidara,trima kash ustad atas sarannya...

    BalasHapus
  8. Syukton katsiron infonya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Kalau boleh saya membeli atau mendapatkan bibitnya bagamana caranya ya....

    BalasHapus
  10. syukron ustadz...
    baru mau beli bibitnya tapi malah dapat ilmu yang luar biasa ini..kedepannya bisa 'ternak' sendiri pohon bidaranya

    BalasHapus
  11. Assalammualaikum ya pak ustat mohon izin untuk membacanya dan cuba menggunakan kaedah menanam hajat ingin membantu ..

    BalasHapus
  12. Assalammualaikum ya pak ustat mohon izin untuk membacanya dan cuba menggunakan kaedah menanam hajat ingin membantu ..

    BalasHapus
  13. Assalammualaikum ya pak ustat mohon izin untuk membacanya dan cuba menggunakan kaedah menanam hajat ingin membantu ..

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum ustadz...saya tengah mencari benih bidara..kira2 dmn saya bisa mendapatkanya?...atau barangkali ustadz ada saya ingin membelinya..jazakallah

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum ustadz...saya tengah mencari benih bidara..kira2 dmn saya bisa mendapatkanya?...atau barangkali ustadz ada saya ingin membelinya..jazakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jual silahkan search d shopee dengan nama bidara mart eskaha
      Syukran

      Hapus
  16. Assalamuallaikum ustadz... sya berkeinginan menanam bidara tapi sulit mncari bibitnya... bila mana ustadz ada persediaan buah bidara sbg bibit sya bersedia membelinya untuk saya coba menanamnya... terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.tokopedia.com/lapakjualan/bibit-bidara-arab-sidr?utm_source=Whatsapp&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button

      Hapus
  17. Assalamu'alaykum warahmatullah, jazakallahu khairan, aasif untuk bibit pembelian dimana ya? Ana asli kebumen(jawatengah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jual.. Silahkan cek di shopee dengan nama bidara mart eskaha

      Hapus
  18. Assalamualaikum ustadz.. kalo boleh saya mau beli bibit biji bidaranya ust....bagaimana cara menghubunginya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.tokopedia.com/lapakjualan/bibit-bidara-arab-sidr?utm_source=Whatsapp&utm_campaign=Product&utm_medium=Android%20Share%20Button

      Hapus
  19. asalamualaikum mohon ijin copas

    BalasHapus
  20. assalamualaikum ustad,. berawal dari niat dan keinginan saya untuk menanam pohon bidara dan mencoba untuk menanamnya secara massal.sayapun mulai mencari artikel tentang bidara.Alhamdulillah,skitar kurang lebih 1 tahun yang lalusaya menemukan artikelnya ustad dan saya pun mencari keberadaan pohon bidara di daerah saya tinggal yaitu di pulau Batam.syukur Alhamdulillah pencarian pohon bidara saya temukan informasinya setelah saya membeli 1 bibit buah tin.singkat cerita,Alhamdulillah awal tahun ini pohon bidaranya berbuah dan di bulan safar ini saya membawa bibit buah bidara kerumah dan baru 2 hari saya tanam sesuai yang di ajarkan ustad.Semoga dari itu dan dengan izin Allah SWT saya dapat mengembangbiakannya dan menjalankan program yang telah saya impikan yaitu menenamnya bersama pohon kelor di masjid dan pondok pesantren.2 hari ini saya menanam bidara dan pohon kelor dan semoga dengan seiringnya waktu ilmu yang telah saya dapatkan dari ustad bernilai amalan jariyah yang terus mengalir .sekian dan terima kasih banyak
    Wassalamualaikumwarohmatullohiwabarokatu
    Batam 18 safar 1438 H

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, semoga bermanfaat...

      Hapus
    2. assalamualaikum . bang sya mau nanya . bidara saya . tidak mau tumbuh . panjangx hnya sejari trus mati lg. sya mohon pencerahannya . sya menggunakan pupuk kompos untuk campur ketanahx . kondisi ruamg lembab . saya banyak mengikuti cara cara di youtube . setengah kilo bibit sya tanam tapi tdk ada yg tumbuh besar . tumbuhnya cuma itu gambar terakhir abang . tolong di bantu bang. barangkali sya melupakan aspek penting nya . sya tidk pernh pakai pupuk sebelumnya .selain kompos .trimksh

      Hapus
  21. Saya penjual pokok bidara jika berminat sila whatsap 0149578465..

    BalasHapus
  22. Saya ada jual bibit pokok bidara jika berminat blh whatsap 0149578465.

    BalasHapus
  23. Jika ada yg membutuhkan serbuk bidara atau biji bidara bisa hub saya di 082187559503 Hisyam di sragen

    BalasHapus
  24. Yg membutuhkan pohon bidara sy jual per 4 tunas....packing aman.rp 60 rb per tunasx

    BalasHapus
  25. Ada nggak ya yang mau ngasih bidara dengan gratis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, silakan datang ke ponpes ibnu abbbas pekalongan.. bisa ambil bijinya..

      Hapus
    2. Ada.. Sya juga siap mau ngasi.. Siap saya kirim pos.
      0877.0044.9000

      Hapus
    3. Ada.. Sya juga siap mau ngasi.. Siap saya kirim pos.
      0877.0044.9000

      Hapus
    4. Maksudnya bibitnya brupa biji atw tunas, pakde?

      Hapus
  26. Mari kita budayakan Minum Jamu Herbal Bersama Green Herbal Jepara
    (ready stock bibit tanaman herbal) Info pemesanan hubungi Bp. Abdul Roub, S.Ag
    (fb Green Herbal Jepara )
    Abdul Roub
    Da. 04/01 Kalipucangwetan Kec Welahan Kab Jepara Prop Jawa Tengah KP. 59464
    HP. 085225812164 (call), 08985910564 (sms)

    BalasHapus
  27. JUAL BIBIT TANAMAN HERBAL
    GREEN HERBAL JEPARA

    Alang-alang ,Andong merah membantu, Andong putih, Asam Jawa, Banci,Bandotan , Bayam Merah, Bengle Delingo Hijau, Bidara Laut, Binahong Hijau Kecil, Binahong Merah, Binahong Hijau , Belimbing manis, Belimbing Wuluh , Bluntas, Brojo Lintang, Brotowali, Buah Maja Buah Makasar, Buah Merah Papua, Buah Naga, Buah, Buah Pare, Buah Secang, Bunga Kaca Piring, Bunga Knop, Bunga Melati, Cabe Jawa/ Cabe Jamu, Cakar ayam, Cincau Rambat, Ciplukan, Dadap Serep, Dandanggendis, Daruju, Daun Afrika Selatan, Daun Dewa, Daun Gedi, Daun Iler, Daun Insulin Luar, Daun Katuk, Daun Mint , Daun Suji, Daun Ungu, Delingo Hijau, Gandarusa, Garut, Gempur Batu, Ginseng Lokal /Som Jawa, Godong Kendo, Iler Insulin, Jahe Merah, Jambu biji, Jarak Lokal, Jarak China / Jepang, Jeruk keprok, Jeruk nipis Jeruk purut, Jeruk Purut, Jinten Putih, Kaca Putih/Kaca Piring, Kayu urip, Kecubung wulung, Kejibeling, Keladi Katak, Keladi Tikus, Kelor, Kemangi, Kembang Bugang, Kembang telang, Kemuning, Kemukus, Kencur, Ketepeng China, Kitolod, Kumis Kucing, Kunyit, Kunyit Putih, Lavender, Lengkuas, Lidah Buaya , Legundi, Mahkota Dewa, Mangkokan, Meniran, Mimba, Murbei, Nilam, Okra, Pandan wangi, Parijoto, Patikan Kebo, Pegagan, Piyahong, Puring Obat, Purwoceng, Puser Bumi, Rosela merah, Saga Manis, Salam, Sambang Getih, Sambang Darah, Sambung nyawa, Sambiloto, Sambungnyowo, Sangkal Putung, Semut Jepang, Sereh Lokal, Sereh Wangi, Singkil , Seledri, Secang, Sirih Merah, Sirih Hijau, Sirih Hitam , Sirih bumi, Sirsak, Sosor Bebek,, Sukun, Tapak Dara Merah, Tapak Dara Putih, Tapak Liman, Temulawak, Tempuyung, Tempoh Yang, Temuireng, Temukunci, Temuputih, Temu Kunci, Timun Jepang,Tin, Waru , Wulan-wulan, Wungu Handilem,Yakon

    INFO PEMESANAN :
    GREEN HERBAL JEPARA
    Abdul Roub, S.Ag 04/01 Kalipucangwetan Welahan Jepara Jawa Tengah
    HP. 085225812164 (call), 08985910564 (sms)
    Email :abdulrob29@yahoo.com www.toko_idolaku.indonetwork.co.id
    FB. Green Herbal Jepara

    BalasHapus
  28. Assalamu Alaikum ustadz, nama saya Ishak alamat Jĺ. S.Hasanuddin no.106 A Tipulu Kota Kendari Sulawesi Tenggara (93122), mohon maaf sebelumnya, kiranya ustadz ber kenan mengirimkan buah Bidara, saya sangat ingin utk membibitkannya di tempat saya, kiranya Allah SWT memberikan balasan yg lebih atas perkenaannya mengirimkannya. Amien ya Rabbal Alamien, wassalam....

    BalasHapus
  29. bismillah..

    ustadz ana mencari bibit bidara arab untuk ditanam siswa yang nantinya 100% keuntungan penjualan untuk wakaf madrasah tahfizh quran di bandung.. ana sudah cari-belum menemukan yang harganya murah bahkan gratis, subhanallah..

    mohon bantuannya ustadz.. jika tanaman bidara arab ustadz sudah berbuah, bolehkan ana beli seednya?

    BalasHapus
  30. Ustadz, dari biji sampai buah butuh berapa tahun?

    BalasHapus
  31. Bismillah...
    Ana menjual bibit bidara, Harga ekonomis supaya yg memang benar benar membutuhkan bisa menjangkau nya...
    Pengiriman Dr Sukoharjo,..
    Apabila Ada yg berkenan bisa langsung wa ana 0896-6998-3875...
    Jazakumullah khoir...🙏🙏

    BalasHapus
  32. Jazakallah khoir ilmu yg bermanfaat.smoga Allah selalu memuliakan yg menulis ini.aamiin

    BalasHapus
  33. Jazakallah khair ustadz...semoga jadi jariyah...

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum..jika potongan ranting langsung ditanam apakah bisa hidup?

    BalasHapus
  35. Subhanallah.sy jga tdk ngra klu cara tnmnya bgtu.Trima ksh ilmunya.Jazakallaah.

    BalasHapus
  36. Ustad,,mohon info untuk jenis pupuk yang di gunakan agar pohon bisa cepat tumbuh dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu Jawab ustadz, coba anti ke toko pertanian membeli pupuk NPK mutiara biru... Satu bulan sekali dikasih sedikit mutiara biru nya... Semoga bermanfaat

      Hapus
  37. Ustad bidara saya tumbuh lumayan daun nya, trs kira2 apa boleh daun ny diambil sekaligus sm ranting2nya dipotong..mohon info nya ustad.. sy takut jd mati pohon nya

    BalasHapus
  38. Terima kasih atas perkongsian.

    BalasHapus
  39. Ustadz saya sudah baca artikel antum & menemukan cara menanam pohon Bidara. Tapi yang jadi pertanyaan saya bagaimana kalo biji buah Bidaranya yg belum matang, apakah bisa untuk di tanam?

    BalasHapus
  40. Asm. Ustd mau nanya, sy punya pohon bidara sehat dgn tinggi sktr 1/2 meter di pot. Setelah sy pindahkankan ke lahan ternyata daunnya mjd mengkerut, layu dan kering. Kenapa ya ustd dan bgmna solusinya?
    Trm ksh.

    BalasHapus
  41. Bismillah...yuk yang mau order bibit bidara dan bubuk daun bidara dengan berbagai manfaat seperti dibawh ini..
    .
    1. Dapat mengusir Gannguan jin/sihir
    2. Dapat untuk mandi setelah haidz/non haidz.
    3. Dapat juga untuk memandikan jenazah.
    4. Dan masih banyak lagi manfaat laen nya..bisa anda cek Google lebih rinci nya.
    5. Bi'idznillah (Dengan idzin Allah)
    .
    Harga : bibit bidara = 35.000/bibit
    Bubuk Bidara = 75.000/kg
    Minat wa ya : 0853-1449-1622

    BalasHapus
  42. Mau dong ustadz, biji bidaranya,mau ana coba tanam.
    Bisa di wa jika ada bijinya, ke 085770529990

    BalasHapus
  43. Subhanallah, Jazakumullahu khairan ilmunya

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum ust, saya punya bibitnya, untuk cara menanam nya, apakah langsung di polybag dlu, apa dibuat keluar akar dlu seperti membuat tauge pads kc hijau?

    BalasHapus
  45. Jazakumullah khair atas ilmunya. Kebetulan lagi kepingin hidroponik, nah sama sama menanam, ga ada salahnya coba tanam bidara juga, insyaallah lahannya cukup.

    BalasHapus
  46. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,,
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  47. Bismillah,kalo bidara india (apel putsa) apakah juga bisa utk merukyah ya pak,syukran ilmunya

    BalasHapus

Silakan saran dan kritiknya