Sabtu, 23 Juni 2012

Oleh-Oleh Kajian Ust Jafar Umar Thalib (Pekalongan, 22 Juni 2012)

Bismillah,
ada hal menarik yang saya temui ketika menghadiri Pengajian yang diisi oleh Ust Jafar Umar Thalib kemarin malam. Saat memasuki sesi tanya jawab, seorang hadirin bertanya : "Apakah betul salafi itu berpecah belah?". Deg....... Saya pun ikut merasa tegang ketika mendengar pertanyaan tadi. Hal tersebut karena, agaknya pertanyaan ini adalah pertanyaan yang "sensitif". Mengingat latar belakang beliau (Ust Jafar) yang pernah mentahdzir beberapa da'i, sehingga -sampai sekarang- efeknya masih terasa yakni kabar perpecahan dikalangan salafiyyin.

Ala kulli hal, alhamdulillah, jawaban beliau sangat menyejukkan, "Tidak, tidak ada perpecahan di kalangan salafi" kata beliau. Kemudian beliau menjelaskan bahwa yang ada adalah bentuk saling menasehati diantara salafi, dan memang kadang nasehat tersebut agaknya terkesan "keras" -mak klothak- dan itu biasa, beliau menjelaskan. Ketika Syaikh Al Hajuri "bersitegang" dengan Syaikh Al Mar'i, maka ini adalah bentuk saling menasehati, bukan berpecah! Lihatlah, ketika Dammaj yang merupakan Markaz Dakwah Syaikh Al Hajuri di serang oleh Syiah, semua masyayikh menyatakan agar seluruh kaum muslimin membantu Dammaj, termasuk Syaikh Al Mar'i, beliau pun membantu Dammaj! 

"Coba, kalian tanya kepada yang kalian anggap berpecah itu. Tanya pada kelompok yang ini, siapa gurumu? Oh guru saya Syaikh Rabi'. Nah coba tanya pada kelompok  yang lainnya, siapa Syaikh Rabi' itu? Oh, beliau adalah guru kami. Nah, gurunya saja sama, bagaimana dikatakan berpecah?" imbuh beliau.

semoga bermanfaat.

Abu Abdullah (23 06 12)




4 komentar:

  1. Bismillah... Ada rekaman file audionya ga? .. ana ingin mendengar secara lengkap apa yang diucapkan beliau.

    BalasHapus
  2. Ane mendapatkan jawabannya disini : http://downloaddakwahsalafy.wordpress.com/2012/01/09/tanya-jawab-benarkah-salafiyyin-di-indonesia-terpecah/ , sama ga?

    BalasHapus
  3. Rekaman ada di panitia, afwan ana ndak berani up load krnbelum ijin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong dong di up load soalnya ustadz ja'far umar thalib itu adalah da'i yang penuh hikmah dan singa tauhid

      Hapus

Silakan saran dan kritiknya