Rabu, 09 Maret 2011

Kitab-Kitab Yang Harus Dimiliki Pemuda Salafi

Pertanyaan:
"Syaikh, kami mohon Anda menjelaskan apa saja kitab-kitab salaf yang seharusnya dimiliki setiap pemuda salafi?"

Jawaban:
     Kitab-kitab yang seharusnya dimiliki penuntut ilmu adalah kitab-kitab hadits. Diantaranya adalah enam kitab induk: al Bukhori, Muslim, Abu Dawud, at Tirmidzi, An Nasa'i, dan Ibnu Majah, juga Musnad Imam Ahmad. Demikian pula kitab Shahih al Jami' ash Shaghir wa Ziyadatuhu karya al Albani.
     Begitu pula kitab-kitab hadits karya ulama hadits terdahulu, kitab-kitab karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, kitab-kitab karya para cucu beliau, dan kitab-kitab karya ulama semasa dan sesudah beliau. Begitu pula kitab-kitab ulama salaf yang ada sekarang ini, seperti Syaikh Bin Baz, Syaikh Abdul Aziz bin Abdulloh Alu Syaikh, Syaikh Abdulloh al Ghadayan, Syaikh Shalih Fauzan dan Syaikh Shalih al Luhaidan.
     Begitu pula ulama Madinah, seperti Syaikh Rabi' al Madkhali, Syaikh Shalih bin Sa'd as Suhaimi, Syaikh Nashir bin Ali al Faqihi, Syaikh Muhammad bin Hadi al Madkhali, Syaikh Abdul Muhsin al Abbad, Syaikh Abdurrazaq, Syaikh Muhammad bin Rabi al Madkhali, dan ulama salafiyyin yang lain. Begitu pula kitab-kitab Syaikh Zaid bin Muhammad al Madkhali. Ini semua termasuk kitab-kitab yang bagus dan bermanfaat.
     Alhamdulillah, kitab-kitab ulama salafiyyin di setiap masa dan setiap tempat adalah kitab-kitab yang bermanfaat dan bagus. Sebaliknya, kitab-kitab hizbiyyun adalah kitab-kitab yang dikhawatirkan bagi para penuntut ilmi.
(Al Fatawa al Jaliyyah 'anil Manahij al Da'awiyyah li Fadhilah asy Syaikh Ahmad bin Yahya al Najmi susunan Hasan bin Muhammad ad Daghiriri, pertanyaan ke 23)


Sumber:
Majalah Fatawa, Vol. IV/No. 12 Dzulhijah 1429/Desember 2008, Hal: 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan saran dan kritiknya